SKL 1 : Unsur paragraf

Ide pokok/ gagasan utama merupakan pernyataan yang menjadi inti keseluruhan isi paragraf. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama yang biasanya terletak di awal atau akhir paragraf. Kalimat utama memiliki makna yang paling umum di antara kalimat-kalimat lain yang terdapat pada paragraf tersebut.

Sebuah paragraf haruslah membahas satu ide pokok, maka paragraf itu harus padu/ koheren.

 

Contoh soal dan pembahasan :

(1) Masih banyak guru yang belum mengetahui adanya buku pelajaran digital. (2) Padahal, Kementrian Pendidikan Nasional sudah menyiapkan 49 judul buku digital kecil di internet. (3) Karena itu, pada awal tahun ajaran sekarang, kemungkinan kecil sekolah menggunakan buku digital. (4) Walaupun program tersebut sangat bermanfaat dan menguntungkan murid, orang tua, dan guru belum sepenuhnya memahami cara memperolehnya. (5) Di samping itu, banyak guru belum mengenal buku digital yang diakses dari internet sehingga mereka harus dibekali pengetahuan tentang internet.

  1. Ide pokok paragraf tersebut adalah …
    1. Empat puluh Sembilan judul buku digital
    2. Buku pelajaran digital di internet
    3. µkemungkinan penggunaan buku digital
    4. Keuntungan program buku digital
    5. Pengetahuan guru tentang buku digital

Kunci : E

Pembahasan

Kalimat utama dari paragraf tersebut adalah “Masih banyak guru yang belum mengetahui adanya buku pelajaran digital.”. berdasarkan hal itu, ide pokok paragrafnya adalah “Pengetahuan guru tentang buku digital”.

Ingat-ingat

Untuk menentukan ide pokok paragraf, temukan dulu kalimat utamanya. Dari kalimat utama tentukan inti dari kalimat utama.

  1. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor …
    1. (1)
    2. (2)
    3. (3)
    4. (4)
    5. (5)

Kunci : A

Pembahasan

Kalimat utama dari paragraf tersebut adalah “Masih banyak guru yang belum mengetahui adanya buku pelajaran digital.”.

  1. Cermati paragraf berikut!
(1) Salah satu proses pembelajaran yang harus di kembangkan oleh guru-guru dalam kurikulum 2006 atau yang di kenal sebagai Kurikulum Tigkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah mengembangkan kreativitas siswa secara optimal. (2) Pengembangan kreativitas sangat penting terlihat dari bergesernya peran guru. (3) Dahulu , guru sering mendominasi kelas, tetapi kini guru harus lebih banyak memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan lebih aktif dan kreatif . (4) Membangun pemahaman yang baik kepada siswa akan sulit jika fisik dan psikis mereka dalam keadaan tertekan . (5) Kreativitas siswa dapat tumbuh dan berkembang dengan baik apabila lingungan keluarga , masyarakat , dan lingkungan sekolah turut menjuang

Kalmia yang tidak padu pada paragraf tersebut adalah kalimat nomor…

  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)
  5. (5)

Kunci : D

Pembahasan

Paragraf tersebut membahas proses pembelajaran sesuai kurikulum 2006, tetapi kalimat nomor 4 membahas keadaan siswa yang tertekan akan sulit memahami pelajaran.

 

Ingat-ingat

  • Kalimat utama biasanya terletak di awal atau akhir paragraf
  • Menentukan ide pokok paragraf

Untuk menentukan ide pokok paragraf, temukan dulu kalimat utamanya.

Dari kalimat utama tentukan inti dari kalimat utama.

Rumusan bias berupa inti kalimat tersebut atau berupa frasa.

  • Kalimat penjelas tidak padu = tidak koheren = tidak nyambung merupakan kalimat yang tidak menjelaskan kalimat utama (kalimat yang nyleneh / tidak senada dengan kalimat utama)

Untuk menentukan kalimat yang tidak padu/ tidak koheren :

Cermati dan tentukan kalimat utama paragraf

Pilih kalimat penjelas yang tidak sesuai dengan kalimat utama.

Cara lain : hilangkan salah satu kalimat penjelas kemudian baca kalimat sebelum dan sesudah kalimat yang dihilangkan tersebut. Berikutnya : jika kedua kalimat itu nyambung, kemungkinan kalimat yang dihilangkan itulah yang tidak koheren/ padu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s