Membacakan Naskah Pidato

MEMBACA TEKS PIDATO

 A.    KOMPETENSI

  1. STANDAR KOMPETENSI

3. Memahami artikel dan teks pidato

2. KOMPETENSI DASAR

3.2       Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat

3. INDIKATOR

1)      Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting

2)      Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung

3)      Membacakan teks pidato dengan  intonasi dan ekspresi yang tepat

4)      Menanggapi pembacaan teks pidato

  1. B.     RINGKASAN MATERI

Berpidato dengan membacakan teks memiliki beberapa kelemahan. Komunikasi pendengar akan berkurang karena pembicara lebih banyak melihat naskah.

Oleh karena itu metode lain bisa kamu pilih, yakni metode ekstemporer. Metode ini pembicara hanya menyiapkan materi pembicaraan secara garis besar saja. Metode ini dianggap paling baik karena metode ini sering dipakai banyak pembicara.

Untuk pemilihan metode ini diperlukan beberapa persyaratan, yakni:

  1. Memiliki wawasan luas mengenai pokok persoalan yang disampikan.
  2. Mampu mengungkapkan pikiran secara lisan dengan lancar
  3. Menguasai bahasa secara baik dan benar.

Membaca nyaring atau membaca bersuara menuntut seorang pembaca mempunyai kecepatan mata yang tinggi, pandangan mata yang jauh, mengelompokkan kata-kata dengan baik dan tepat, membaca dengan dengan cepat dan tepat.

Agar pendengar dapat memahami informasi, pikiran dan perasaan yang terdapat dalam naskah, seorang pembaca hendaknya memperhatikan kejelasan ucapan, penekanan kata-kata pada kunci, ketepatan pemenggalan frase, dan dapat menyampaikannya dengan berani dan percaya  diri sehingga pembacaannya tidak terbata-bata.

Membaca teks pidato – bagi yang tidak berpengalaman – ternyata tidak segampang yang kita bayangkan. Sekalipun – hanya – membaca, bila tidak tepat dalam menempatkan jeda dan penekanan pada bagian-bagian yang penting maka pembacaan teks pidato tidak menarik. Bahkan bisa menimbulkan kesalah- pahaman pada pendengarnya. Oleh karena itu belajar menandai bagian-bagian penting yang merupakan informasi pendukung di dalam teks ini perlu dilakukan.

Bagaimana cara menandai nya? Pertama-tama kamu harus dapat menemukan informasi utama (gagasan utama). Apabila telah ditemukan berarti yang lainnya itu merupakan informasi pendukung. Tandailah informasi pendukung itu dengan pensil agar memudahkan kamu ketika membaca teks pidato.

C.    SOAL

  1. Siapkan sebuah teks pidato dengan tema ‘Nasionalisme’
  2. Sebelum membacakan, tandailah bagian-bagian yang merupakan informasi penting dan pendukung dalam naskah pidatoteks pidato tersebut!
  3. Berlatihlah dengan cara membacakan naskah pidato secara berulang-ulang!
  4. Perhatikan kriteria penilaian berikut!
  5. Kriterian Penilaian :

    No.

    Hal yang Dinilai

    Kisaran Skor

    Perolehan Skor

    1. Ketepatan penempatan jeda

    0 – 15

    2. Ketepatan intonasi pembacaan

    0 – 15

    3. Kejelasan lafal

    0 – 15

    4. Kesesuaian tempo pembacaan

    0 – 15

    5. Kontak mata dengan audiens

    0 – 15

    6. Keseriusan dalam membacakan naskah

    0 – 15

    7. Kemampuan dan keseriusan dalam memberikan tanggapan

    0 – 10

    Jumlah

    0 – 100

     

    DAFTAR NILAI MEMBACAKAN NASKAH PIDATO

    NO

    NAMA

    ASPEK PENILAIAN

    SKOR

    JEDA

    INTONASI

    LAFAL

    TEMPO

    MATA

    SIKAP

    AFEKTIF

    15

    15

    15

    15

    15

    15

    10

    1

    2

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s